Berikut adalah beberapa contoh tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK):
- Perusahaan Teknologi Informasi (IT): PKL dapat dilakukan di perusahaan IT yang bergerak dalam pengembangan perangkat lunak, desain website, atau penyedia jasa teknologi informasi lainnya.
- Instansi Pemerintah: PKL bisa dilakukan di instansi pemerintah, seperti kantor dinas komunikasi dan informatika, kantor statistik, atau dinas terkait teknologi informasi.
- Perusahaan Telekomunikasi: Siswa bisa melaksanakan PKL di perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan internet, telepon, atau penyediaan infrastruktur telekomunikasi.
- Perusahaan Jaringan Komputer: PKL dapat dilakukan di perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan dan perawatan jaringan komputer, termasuk instalasi dan konfigurasi perangkat jaringan.
- Perusahaan Keamanan Cyber: Siswa bisa melakukan PKL di perusahaan keamanan cyber yang fokus pada penanganan ancaman dan serangan siber.
- Toko Komputer dan Layanan IT: PKL bisa dilakukan di toko komputer yang menyediakan penjualan perangkat keras dan layanan perbaikan serta perawatan komputer.
- Perusahaan Pengembangan Aplikasi Mobile: PKL dapat dilakukan di perusahaan yang mengembangkan aplikasi mobile untuk platform Android atau iOS.
- Perusahaan Perangkat Keras: Siswa bisa melaksanakan PKL di perusahaan yang memproduksi atau mendistribusikan perangkat keras seperti komputer, laptop, router, dan perangkat jaringan lainnya.
- Pusat Data (Data Center): PKL bisa dilakukan di pusat data yang menyediakan layanan hosting, colocation, dan manajemen infrastruktur data.
- Provider Layanan Internet: Siswa dapat melakukan PKL di provider layanan internet yang menyediakan akses internet untuk perusahaan atau masyarakat umum.
- Sekolah atau Perguruan Tinggi: PKL dapat dilakukan di sekolah atau perguruan tinggi yang memiliki departemen atau laboratorium teknologi informasi.
- Perusahaan Broadcast dan Media: Siswa bisa melaksanakan PKL di perusahaan yang bergerak dalam penyiaran atau media, terutama yang terkait dengan teknologi penyiaran dan produksi konten.
- Layanan Customer Support: PKL dapat dilakukan di perusahaan yang menyediakan layanan customer support atau layanan bantuan teknis.
- Perusahaan E-Commerce: Siswa bisa melakukan PKL di perusahaan e-commerce yang berfokus pada teknologi dan infrastruktur untuk perdagangan elektronik.
- Perusahaan Game Development: PKL dapat dilakukan di perusahaan yang mengembangkan permainan komputer atau video game.
Ingatlah bahwa tempat PKL harus sesuai dengan program studi TKJ dan memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang teknik komputer dan jaringan. Pastikan juga untuk mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah terkait pelaksanaan PKL.