100 Contoh Judul Laporan PKL Jurusan TJKT

PKL

Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMK merupakan salah satu bagian penting dalam program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Laporan PKL berisi rangkuman, analisis, dan evaluasi dari kegiatan praktek kerja yang telah dilakukan oleh siswa SMK di dunia industri atau lingkungan kerja yang sesuai dengan jurusan mereka. Laporan PKL biasanya mencakup deskripsi tentang perusahaan atau tempat kerja yang dikunjungi, tugas-tugas yang dilakukan selama PKL, pembelajaran yang diperoleh, serta kesimpulan dan rekomendasi.

Berikut adalah 100 judul laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ):

  1. Analisis Keamanan Jaringan pada Instansi Pemerintahan.
  2. Implementasi Sistem Monitoring Jaringan di Perusahaan XYZ.
  3. Penerapan Teknologi Cloud Computing dalam Skala Mikro.
  4. Rancang Bangun Sistem Keamanan CCTV pada Sekolah ABC.
  5. Evaluasi Kinerja Router dan Switch dalam Jaringan Skala Menengah.
  6. Studi Kasus Pemeliharaan Perangkat Keras di Perusahaan Teknologi.
  7. Penerapan Sistem Manajemen Basis Data pada Perusahaan Telekomunikasi.
  8. Penggunaan Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat di Wilayah Terpencil.
  9. Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel di Tempat Umum.
  10. Implementasi Jaringan VPN (Virtual Private Network) pada Perusahaan Swasta.
  11. Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Lingkungan Smart Home.
  12. Studi Kasus Implementasi Server Proxy pada Instansi Pendidikan.
  13. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Mesh pada Kantor Kreatif.
  14. Analisis Performa Sistem Operasi Windows 10 di Perkantoran.
  15. Evaluasi Keamanan Jaringan LAN di Kantor Pemerintahan.
  16. Penggunaan Teknologi RFID untuk Manajemen Inventaris di Toko Elektronik.
  17. Analisis Keamanan Sistem Operasi Linux di Perusahaan Teknologi.
  18. Penerapan Teknologi Cloud Storage untuk Pengelolaan Data Skala Besar.
  19. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Star di Universitas XYZ.
  20. Penggunaan Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) pada Instansi Pemerintahan.
  21. Analisis Keamanan Sistem Operasi Android di Perangkat Mobile.
  22. Penerapan Teknologi DNS (Domain Name System) untuk Pengelolaan Nama Domain di Perusahaan Web Hosting.
  23. Evaluasi Penggunaan Teknologi Firewall dan IDS (Intrusion Detection System) di Perusahaan Keamanan Cyber.
  24. Implementasi Teknologi Grid Computing untuk Proses Simulasi Ilmiah.
  25. Penggunaan Teknologi Wearable untuk Pengawasan Kesehatan Pekerja di Industri Berat.
  26. Analisis Jaringan Komputer di Institusi Penelitian Teknologi.
  27. Penerapan Sistem Keamanan Two-Factor Authentication (2FA) di Bank Terkemuka.
  28. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Ring pada Perusahaan Distribusi Barang.
  29. Penggunaan Teknologi Chatbot dalam Layanan Pelanggan.
  30. Studi Kasus Pemanfaatan Teknologi Video Conference untuk Kolaborasi Tim Jarak Jauh.
  31. Analisis Keamanan Sistem Operasi macOS di Perusahaan Kreatif.
  32. Penerapan Teknologi CDN (Content Delivery Network) untuk Pengiriman Konten Web yang Cepat.
  33. Evaluasi Performa Jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) di Sekolah Unggulan.
  34. Implementasi Sistem Keamanan Biometrik pada Akses Fisik Gedung Pemerintahan.
  35. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif.
  36. Studi Kasus Implementasi Sistem Operasi Ubuntu Linux pada Instansi Pendidikan.
  37. Penggunaan Teknologi Load Balancer untuk Distribusi Lalu Lintas di Lingkungan Data Center.
  38. Analisis Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Keamanan Data Perusahaan Keuangan.
  39. Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Proses Otomatisasi di Industri Manufaktur.
  40. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Bus pada Perusahaan Logistik.
  41. Evaluasi Penggunaan Teknologi Data Mining dalam Pengambilan Keputusan Bisnis.
  42. Implementasi Sistem Keamanan Anti-Malware di Perusahaan Keamanan Cyber.
  43. Penggunaan Teknologi Streaming Media untuk Layanan Hiburan Online.
  44. Analisis Keamanan Sistem Operasi iOS pada Perangkat Mobile.
  45. Penerapan Teknologi Load Balancing untuk Distribusi Beban pada Layanan Web.
  46. Studi Kasus Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Simulasi Pelatihan Kejuruan.
  47. Penggunaan Teknologi Geographical Information System (GIS) dalam Pengelolaan Data Spasial.
  48. Analisis Performa Server Virtualisasi pada Data Center Perusahaan Teknologi.
  49. Penerapan Sistem Keamanan Firewall pada Instansi Pemerintahan.
  50. Evaluasi Penerapan Teknologi Keamanan Biometrik pada Akses Fisik Keamanan Swasta.
  51. Pemanfaatan Teknologi Speech Recognition dalam Aplikasi Berbicara.
  52. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Star pada Industri Perbankan.
  53. Analisis Keamanan Jaringan Komputer di Lingkungan Industri Manufaktur.
  54. Implementasi Sistem Keamanan Fingerprint untuk Akses Data Perusahaan.
  55. Penerapan Teknologi Virtual Private Server (VPS) dalam Pengelolaan Situs Web.
  56. Evaluasi Kualitas Layanan Jaringan Seluler di Wilayah Perkotaan.
  57. Penggunaan Teknologi Machine Learning dalam Analisis Data Pemasaran.
  58. Studi Kasus Pemanfaatan Teknologi Big Data untuk Analisis Sentimen Pelanggan.
  59. Analisis Keamanan Jaringan IoT (Internet of Things) di Lingkungan Smart City.
  60. Implementasi Teknologi Software-Defined Networking (SDN) pada Data Center.
  61. Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Inspeksi Infrastruktur Telekomunikasi.
  62. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Ring di Perusahaan Transportasi.
  63. Penggunaan Teknologi Serverless dalam Pengembangan Aplikasi Cloud.
  64. Evaluasi Kinerja Perangkat Keras dan Perangkat Lunak di Lingkungan Cloud Computing.
  65. Analisis Keamanan Jaringan di Industri Perdagangan Elektronik (E-Commerce).
  66. Implementasi Sistem Manajemen Inventaris dengan Barcode di Gudang Distribusi.
  67. Penerapan Teknologi WebRTC untuk Komunikasi Real-Time di Layanan Konsultasi.
  68. Penggunaan Teknologi Biometrik pada Sistem Pengendalian Akses Fisik Kendaraan.
  69. Studi Kasus Penerapan Teknologi E-Learning di Lingkungan Pendidikan.
  70. Analisis Performa Sistem Operasi macOS di Lingkungan Kreatif.
  71. Evaluasi Penggunaan Teknologi Server Load Balancing untuk Situs Web Populer.
  72. Implementasi Teknologi Face Recognition untuk Keamanan Kampus Universitas.
  73. Pemanfaatan Teknologi QR Code dalam Pembayaran Digital di Tempat Umum.
  74. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Mesh di Pusat Kesehatan.
  75. Penggunaan Teknologi Voice Assistant dalam Pelayanan Publik.
  76. Analisis Keamanan Sistem Operasi Windows Server di Lingkungan Bisnis.
  77. Penerapan Teknologi Penyimpanan Data Flash untuk Kecepatan Akses Data.
  78. Evaluasi Penggunaan Teknologi Video Streaming pada Platform Media Sosial.
  79. Implementasi Sistem Keamanan Perimeter di Pabrik Pengolahan Makanan.
  80. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pendidikan Seni dan Desain.
  81. Studi Kasus Penerapan Teknologi e-Government di Pemerintahan Daerah.
  82. Penggunaan Teknologi E-Signature dalam Proses Bisnis Dokumen Digital.
  83. Analisis Keamanan Jaringan di Industri Keuangan dan Perbankan.
  84. Implementasi Sistem Keamanan Pengenalan Sidik Jari pada Smartphone.
  85. Penerapan Teknologi Multi-Factor Authentication (MFA) untuk Keamanan Akses Data.
  86. Evaluasi Performa Sistem Operasi Linux Server di Layanan Hosting.
  87. Penggunaan Teknologi Self-Driving Cars dalam Transportasi Umum.
  88. Studi Kasus Pemanfaatan Teknologi Cloud Gaming di Industri Hiburan.
  89. Analisis Keamanan Sistem Operasi Android di Perangkat IoT.
  90. Implementasi Sistem Manajemen Jaringan (NMS) di Lingkungan Pendidikan.
  91. Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pemantauan Lingkungan.
  92. Rancang Bangun Jaringan Komputer Berbasis Topologi Star pada Instansi Pelayanan Kesehatan.
  93. Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Manajemen Rantai Pasok.
  94. Evaluasi Penerapan Teknologi Keamanan Kamera Pengawas di Kawasan Publik.
  95. Implementasi Teknologi Sistem Pendeteksi Intrusi (IDS) pada Data Center.
  96. Pemanfaatan Teknologi Gamifikasi dalam Aplikasi Pendidikan.
  97. Studi Kasus Penerapan Teknologi Augmented Reality dalam Arsitektur.
  98. Penggunaan Teknologi 5G dalam Pengembangan Aplikasi Mobile.
  99. Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel di Lingkungan Pariwisata.
  100. Penerapan Teknologi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam Bisnis Retail.

Semoga daftar judul laporan PKL ini memberikan banyak opsi dan inspirasi untuk penelitian dan eksplorasi lebih lanjut dalam praktek kerja lapangan di jurusan TKJ. Pastikan untuk menyesuaikan judul dengan persyaratan dan panduan dari institusi atau lembaga yang menjalankan program PKL.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *